Selasa, 14 Agustus 2012


Apa itu Hypnobirthing ?

Apa itu Hypnobirthing ? Hypnobirthing terdiri dari kata hypno ( dari  hypnosis ) dan birthing yang berarti melahirkan. Jika diterjemahkan secara langsung, arti dari Hypnobirthing adalah proses melahirkan dengan hipnosis. Tetapi ini bukan berarti sang ibu jadi tak sadarkan diri, sebaliknya si ibu sepenuhnya sadar dan menikmati proses kelahiran si buah hati.

Hypnosis adalah seni komunikasi dan sugesti yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar orang secara efektif. Hipnosis hanya dapat dilakukan jika orang berada dalam kondisi rileks yang dalam sehingga komunikasi sugesti dapat dilakukan terhadap alam bawah sadar kita.

Hynobirthing lebih mengacu pada hypnotherapy. Hipnoterapi adalah latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar ibu, untuk mendukung alam sadar yang mengendalikan tindakan sang ibu dalam menjalani proses persalinan. Hipnoterapidilakukan dengan melakukan kontak langsung dengan alam bawah sadar kita. Begitu kita mencapai kondisi rileks yang mendalam dan stabil, kita akan mampu menanamkan satu program atau konsep baru yang secara otomatis akan mempengaruhi kehidupan dan tindakan kita sehari-hari. Proses hipnosis atau hipnoterapi mampu membuka mind atau pikiran yang paling dalam, untuk kemudian menanamkan konsep-konsep baru di dalamnya.

Hypnobirthing dapat membantu ibu merasa lebih tenang menghadapi persalinan. Penanaman konsep dan paham pada alam bawah sadar ibu akan sangat membantu kelancaran proses kelahiran. Ibu yang tidak mampu melakukan apa pun secara sadar dapat membiarkan alam bawah sadar bekerja untuk menenangkan dan membantunya menjalani persalinan, kecuali tahap mengejan yang memang harus dilakukan secara sadar.

Hypnobirthing terdiri dari berbagai macam teknik relaksasi yang dapat digunakan oleh para ibu saat bersalin. Teknik relaksasi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama persalinan, tanpa perlu menggunakan obat bius. Hypnobirthing merupakan prakstik hipnosis terhadap diri sendiri / self hypnosisyang kemudian digunakan dalam proses melahirkan. Pada dasarnya hypnobirthing adalah penerapan hipnosis pada proses persalinan untuk menanggulangi rasa sakit tanpa melibatkan obat-obatan.
Beberapa hal yang dipelajari dalam hypnobirthing :
  • Teknik relaksasi dan hipnosis diri sendiri untuk menghilangkan stres dan rasa takut yang mengiringi proses persalinan dan digantikan dengan rasa damai, tenang dan percaya dir
  • Teknik lain untuk memperlancar proses persalinan
  • Perlu ikatan kuat dari pasangan
  • Cara berkonsentrasi agar dapat terfokus pada tujuan Hypnobirthing
  • Berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan
Manfaat hypnobirthing :
  • Meminimalkan dan bahkan menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan sindrom rasa sakit selama proses persalinan dan setelah persalinan
  • Meminimalkan bahkan menghilangkan keinginan untuk menggungakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin
  • Mempersingkat fase awal proses persalinan / fase pembukaan yang biasanya bisa memakan waktu 10-24 jam
  • Menghilangkan keletihan sehingga ibu tetap bertenaga setelah proses persalinan
  • Mengurangi resiko hiperventilasi saat persalinan berlangsung. Hiperventilasi adalah pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan sakit
  • Mempercepat masa pemulihan setelah persalinan
  • Membuat proses persalinan alami tanpa obat-obatan medis
  • Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar